Rabu, 09 Oktober 2024

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE GAMIFIKASI BERBASIS SOSIAL MEDIA INSTAGRAM Merdeka Belajar yang Asik dan Berteknologi untuk Anak SMK Pertanian

 

SMK Pertanian Negeri 1 Petang, Bali

Email. Surya.adi.p.41@gmail.com

 

SMK menjadi penyumbang pengangguran terbesar di Indonesia yaitu sebesar 9,6% dari 7,99 juta pengangguran di Indonesia (BPS, 2024). Salah satu usaha kementerian pendidikan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan meluncurkan program sekolah pusat keunggulan yang khusus menyasar sekolah kejuruan (SMK). Program ini merupakan bagian dari program kurikulum merdeka yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan RI Nadiem Anwar Makarim yang juga pebisnis handal Founder dari Gojek.

Kendala utama dari tingginya tingkat pengangguran terbuka dari lulusan smk adalah kurangnya lapangan pekerjaan. Kamar Dagang Indonesia (Kadin) menyatakan lulusan SMK maupun perguruan tinggi banyak menganggur karena jumlah lapangan pekerjaan yang tercipta lebih sedikit dari jumlah lulusan yang ada. Selain itu disebabkan oleh skill gap antara kebutuhan industri dengan kapasitas lulusan vokasi Indonesia yang kurang saling terhubung satu sama lain atau kurang link and match karena semakin jauhnya skill lulusan smk dengan kebutuhan skill di dunia industry (Kumparan, 2023).

Dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa tersebut maka dibutuhkan metode belajar yang unik menarik dan terbarukan dimana metode ini harus mampu meningkatkan minat belajar siswa yang harapannya adalah dengan meningkatnya minat belajar siswa maka kompetensi yang dilatih akan semakin melekat pada diri siswa. Terdapat permasalahan khusus untuk bidang pertanian dimana bidang ini kurang diminati anak muda sekelas SMK. Kurang tertariknya akan bidang ini menimbulkan ke engganan siswa untuk belajar bidang pertanian. Padahal bidang pertanian merupakan pendukung ketahanan pangan bangsa dan berkaitan langsung dengan kelestarian lingkungan hidup.

Selama ini terdapat kecenderungan metode belajar konvensional seperti ceramah masih digunakan oleh sebagian besar guru SMK. Dimana SMK seharusnya menitik beratkan pada kegiatan project nyata terkait kompetensinya. Siswa SMK diharapkan memiliki skill kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri.

Siswa yang hanya diberikan teori tanpa project yang nyata menyebabkan siswa kurang tertarik untuk belajar dan berlatih, Teori yang diajarkan cenderung dulupakan lebih cepat. Melihat kenyataan tersebut maka diperlukan metode belajar yang baru dimana akan mampu meningkatkan minat brlajar siswa dan kompetensi yang diajarkan melekat pada diri siswa.

Salah satu metode yang saya lakukan di SMK Negeri 1 petang adalah metode gamifikasi berbasis sosial media Instagram. Metode yang menarik seperti media sosial akan mampu meningkatkan ketertarikan siswa untuk belajar. Tantangan games yang ada pada metode gamifikasi ini juga menyebabkan siswa lebih tertantang untuk mengikuti setiap tantangan dari tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Sosmed adalah hal yang tidak dapat terlepas dari dunia anak anak SMK. Menurut kata data.co.id (2022) orang Indonesia rata-rata menggunakan sosial media per hari adalah sebanyak 3 jam 11 menit. Masuk ke dalam 10 besar negara dengan durasi menggunakan sosial media terlama di dunia. Memanfaatkan media yang dimainkan siswa hamper 3 jam per hari dan mengunakannya sebagai bagian dari belajar adalah cara kreatif dalam memecahkan masalah kurangnya minat siswa untuk belajar.

Metode ajar gamifikasi menggunakan elemen-elemen dari permainan dan desain permainan untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pembelajaran siswa. Sintak metode Gamifikasi adalah 1) merencanakan tujuan pembelajaran. 2) identifikasi konsep atau materi pembelajaran 3) desain games yang meliputi elemen permainan yang menggunakan fitur-fitur Instagram seperti feed, post, story, sorotan, tag dan komentar. Games bermasis Instagram ini juga memiliki nasasi konten dan aturan main yang telah disepakati dan yang paling seru adalah terdapatnya penghargaan berupa piala kepada pemenang dari setiap tantangan nya. 4) tahap implementasi yang menggunakan teknologi sosial media Instagram, 5) evaluasi dan umpan balik 6) refleksi dan penyesuaian.

Hasil yang diperoleh dari penerapan metode belajar Gamifikasi adalah siswa semakin tertarik untuk belajar. Dengan adanya tantangan dan reward berupa piala yang diperoleh oleh siswa menyebabkan siswa lebih semangat untuk belajar di bidang kompetensi pertanian. Dimana materi pertanian sering dipandang kurang menarik bagi siswa berubah menjadi sangat asik dan menyenangkan. Dari hasil survey yang telah dilakukan di akhir program 90% responden siswa yang diukur menunjukkan sangat setuju bahwa metode gamifikasi ini adalah sangat menyenangkan. Bahkan pada indikator apakah metode gamifikasi ini mampu mempermudah siswa dalam mencari kerja 100% responden sangat setuju. Menurut Hidayat dan Abdilla (2019) siswa akan lebih tertarik untuk belajar dan berusaha lebih keras dengan adanya pendekatan yang berdasarkan pengalaman langsung. Dengan mengalami maka daya ingat dan ketertarikan siswa semakin kuat.

Selain itu adanya metode gamifikasi memanfaatkan media sosial Instagram terdapat hasil yang positif yaitu setiap project yang dilakukan akan terekam di dalam Instagram. Hal tersebut dapat digunakan sebagai fortofolio saat siswa berdiskusi dengan pihak industri. Fortofolio yang terbentuk dalam sosial media Instagram ini terbukti mampu memberikan kesan positif bagi industri. Dibuktikan dengan 4 siswa kelas X jurusan pertanian dari bukti fortofolio Instagram nya diterima Daily Worker (DW) pada perusahaan pertanian organik Astungkara Way.

Dari 11 responden siswa yang diterapkan metode belajar gamifikasi ini 100% siswa setuju bahwa metode ini membuat siswa lebih tertarik untuk belajar. Siswa merasa lebih tertantang untuk belajar karena mendapat penghargaan piala. Siswa lebih termotivasi untuk belajar dengan teknologi edit foto dan video yang akan di upload ke Instagram yang mereka miliki.

Setiap akun Instagram dari masing masing siswa dapat dilihat perkembangnnya. Siswa yang satu dapat memantau perkembangan capaian yang dicapai teman lainnya berupa jumlah piala yang telah dikumpulkan. Hal ini memacu jiwa kompetensi siswa sehingga siswa lebih aktif dan terus mencari project baru sehingga mendapat lebih banyak piala.

Keunggulan lain dari metode ini adalah lebih mudah dalam mengintegrasikan dengan mata pelajaran lain. Dalam penerapan metode belajar gamifikasi ini telah dilakukan kolaborasi dengan mata pelajaran matematika dan Bahasa inggris. Project matematika dan Bahasa inggris yang dikerjakan secara kolaboratif ini akan mendapat slot pada Instagram yaitu pada bagian sorotan. Sehingga menyebabkan antara mata pelajaran utama yaitu pertanian dan mata pelajaran pendukung matematika, bahasa inggris dan mata pelajaran lain lebih nyata untuk diintegrasikan.

Setelah metode gamifikasi ini diterapkan dapat disimpulkan bahwa siswa menjadi lebih termotifasi untuk belajar. Selain itu siswa lebih tertarik untuk belajar materi bidang pertanian dan dapat menggunakan hasil postingan Instagramnya sebagai fortofolio dalam wawancara kerja saat di industry. Hasil postingan dari capaian pembelajran yang terdokumentasi rapi dalam postingan dan sorotan Instagram menjadi catatan yang tersimpan rapi bagi siswa yang ingin mengingat kembali apa yang telah dilakukan dan dapat ditunjukkan kepada orang tua dan masyarakat sehingga menjadi kebanggaan tersendiri yang berdampak kepada meningkatkan kepercayaan diri menjadi siswa SMK Pertanian.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Bps. 2024. Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan, 2021-2023

 https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html

 

Hidayat. R dan Abdillah. 2019. “Ilmu Pendidikan” Konsep, Teori dan Aplikasinya. LPPPI

 

Kata data.co.id. 2024. Indonesia Masuk 10 Negara Paling Betah Main Medsos. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/16/indonesia-masuk-top-10-negara-paling-betah-main-medsos

 

Kumparan. 2023. Bos Kadin Beberkan Penyebab Masih Tingginya Lulusan Sarjana yang Menganggur. https://kumparan.com/kumparanbisnis/bos-kadin-beberkan-penyebab-masih-tingginya-lulusan-sarjana-yang-menganggur-1zy412YhAD0/1

 

 


DOKUMENTASI PRAKTIK BAIK METODE GAMIFIKASI




TAMPILAN INSTAGRAM METODE GAMIFIKASI BERBASIS INSTAGRAM




         Versi lengkap dapat dilihat di sini

https://imadesuryaadiputra.blogspot.com/2024/10/meningkatkan-motivasi-belajar-siswa.html

https://imadesuryaadiputra.blogspot.com/2024/10/meningkatkan-motivasi-belajar-siswa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar